3 Langkah Membeli Rumah Lelang dengan Aman

Membeli rumah adalah salah satu langkah besar dalam hidup. Apalagi jika rumah tersebut adalah rumah pertama yang dibeli. Karena merupakan hal yang penting, maka membeli rumah sendiri harus dipikirkan dengan sangat matang.

Rumah yang dapat dibeli pun bermacam-macam. Mulai dari rumah mewah, hingga rumah minimalis. Mulai dari rumah baru hingga rumah bekas. Rumah-rumah tersebut memiliki jenis, bentuk, dan juga harga yang bervariasi.

Namun, kerap juga ada orang yang kesulitan untuk membeli rumah tersebut. Alhasil, mereka lebih senang membeli rumah melalui proses lelang. Membeli rumah lewat proses lelang sendiri diklaim lebih murah. Asalkan seluruh prosedurnya dilakukan dengan baik. Sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berikut adalah tips membeli rumah bekas dengan sukses tanpa rugi.

Pahami Perjanjian Kredit

Perjanjian Kredit atau PK dan Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) adalah dokumen yang harus anda pelajar dan juga anda pahami dengan betul. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempelajari dokumen lain yang datang bersamanya, terutama mengenai perjanjian antara bank dan juga pemilik rumah. PK sendiri berisi gambaran lengkap soal tata cara lelang rumah. yang harus dipastikan, bahwa ada perjanjian dan kesepakatan tertulis antara bank dan juga pihak pembeli. Dengan begitu, rumah yang dilelang tidaklah bermasalah.

Surat Rumah Lengkap

Cek segala perizinan dan juga surat rumah. pastikan bahwa rumah telah memiliki seluruh perjanjian dan surat yang dibutuhkan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sertifikat kepemilikan rumah,dan dokumen pajak bumi dan bangunan.

Cek Langsung Kondisi Rumah

Bank biasanya akan mengiklankan atau mengumumkan rumah lelang melalui media massa atau lewat kantor lelang mereka. Ketika diumumkan, anda dapat langsung mengecek sendiri rumah yang dilelang. Pastikan bahwa kondisi rumah baik, memiliki air dan juga listrik yang berfungsi, dan tidak bersengketa. Karena, ada beberapa kasus di mana rumah dilelang, namun tidak layak huni karena sudah lama ditinggal pemilik rumah.

Siapkan Notaris

Pastikan Anda menghubungi notaris paling tidak 2 minggu sebelum lelang. Dengan adanya jasa notaris, maka seluruh proses dapat berjalan dengan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *