4 Tips Membuat Taman di Rumah

Taman tentunya menjadi salah satu fasilitas atau fitur yang menarik di rumah. dengan hadirnya taman di halaman rumah Anda, rumah akan menjadi terlihat lebih indah berseri dan juga sehat dan nyaman.

Biasanya taman sendiri membutuhkan lahan yang luas. Hal ini agar nantinya taman sendiri akan dapat dihias berbagai macam bunga, rumput, dan juga pohon yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, bagi anda yang memiliki lahan tanah terbatas karena memiliki rumah minimalis modern, kini sudah banyak kok contoh taman minimalis di internet. Anda hanya tinggal mengubah taman dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk membuat taman yang nyaman. Berikut adalah tipsnya:

Lahan

Sebelum membuat taman, ketahuilah dengan pasti berapa lahan yang ada di rumah Anda. dengan begini anda akan dapat mengetahui berapa dana yang harus disiapkan untuk menyulap halaman rumah Anda menjadi taman pribadi. Anda juga akan dapat mengetahui apa saja yang harus disiapkan, dan jenis tanaman apa saja yang cocok untuk rumah Anda.

Biaya

Setelah anda menyiapkan segalanya, Anda bisa mulai untuk menyiapkan anggaran. Hitung berapa budget yang harus anda siapkan untuk membuat taman Anda. Pertimbangkan segala biaya pembuatan taman dan juga perawatannya setiap bulan jangan sampai, nantinya pembuatan taman malah menjadi beban kepada keuangan Anda. dan jangan sampai pula sudah mengeluarkan uang untuk membuat taman, namun taman tidak dirawat karena tidak ada biayanya. Akan sayang tanamannya, dan akan sayang biayanya.

Material Taman

Hal yang harus dilakukan adalah memilih material taman yang cocok. Cocokkan material taman dengan selera anda, luas lahan, dan juga dana yang tersedia. Material taman sendiri mulai dari jenis tanah yang digunakan, jenis rumput, tanaman hias, hingga pohon di taman. Material sendiri berkaitan dengan biaya yang dimiliki. Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan survei sebelum membeli material.

Biaya Tambahan

Biaya tambahan di dalamnya termasuk biaya perawatan, hingga biaya penggantian tanaman yang rusak. Tidak hanya itu, anda juga perlu memperhitungkan biaya pupuk dan juga air yang digunakan untuk merawat tanaman yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *