4 Tips Penting Investasi Tanah yang Harus Diperhatikan

Membeli tanah kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat sebagai bagian investasi. Hal ini karena berinvestasi di bidang properti dengan membeli rumah kerap kali kurang dapat dilakukan karena terlalu tinggi harga rumah yang ada. Misalnya saja rumah dijual di Bandung tipe 40 yang kini harganya sudah semakin naik.

Maka pilihannya adalah dengna membeli tanah kosong. Setelah itu, baru tinggal menunggu waktu yang tepat hingga harga tanah yang dijual sudah meningkat. Dengan begitu, investor akan mulai mendapatkan untungnya.

 

Hanya saja, hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nantinya tanah yang sudah dibeli dan coba dijual kembali tidak mengalami kerugian yang besar. Karena tentunya tidak ada yang ingin mengalami kerugian.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah.

 

Lokasi yang Tepat

Layaknya investasi proterti lain seperti rumah, apartemen, ruko, rukan, kontrakan dan lainnya, investasi tanah juga perlu untuk memperhatikan lokasi. Tanah yang baik adalah tanah yang akan bisa menambah nilai jugal ketika di atasnya dibangun rumah atau toko. Lokasi strategis yang berkembang dapat menjadi pilihan karena pertumbuhannya akan lebih cepat.

 

Harga yang Cocok

Harga yang dijual juga haruslah tepat. Jangan sampai nantinya Anda mengalami kerugian karena memilih untuk membeli tanah dengan harga mahal. Caranya adalah dengan mencari harga tanah yang berada di bawah NJOP. dengan begitu, harga sudah dapat dipastikan adalah harga yang terbaik. Anda juga bisa mencari para penjual yang sedang membutuhkan uang, karena biasanya mereka menjual dengan harga miring.

 

Legalitas

Hal yang penting adalah dengan memeriksa legalitas tanah yang akan dibeli. Legalitas sendiri bisa dilihat dari status jual beli tanah dan landasan hukum yang ada. Belilah tanah dengan sertifikat hak guna bangun atau HGB dan jangan lupa untuk memeriksa masa berlakuknya. Jika ragu, anda bisa menggunakan jasa notaris yang anda percaya untuk memeriksanya.

 

Fungsi Tanah

Jangan lupa untuk memeriksa fungsi tanah. Untuk lahan yang agak luas, tanah bisa digunakan sebagai tempat membangun hunian seperti kluster atau perumahan. Atau, jika tanah yang ada berada di lokasi yang strategis dan ramai, anda bisa membangun ruko di atasnya untuk semakin meningkatkan harga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *