Perhatian Hal Ini Sebelum Pengajuan KPR

Bagi masyarakat kelas menengah yang ingin memiliki rumah tentunya tidak perlu khawatir. Ada banyak produk kredit pemilikan rumah (KPR) yang dapat membantu untuk mewujudkan impian kepemilikan rumah.

Produk KPR sendiri merupakan sebuah tipe kredit yang masa pelunasannya dilakukan dalam jangka waktu panjang yaitu 15 hingga 20 tahun. Karena itu, sebelum mengajukan KPR perlu persiapan dan pertimbangan yang amat matang.

Ada banyak hal yang harus dicermati sebelum mengajukan KPR agar keputusan tersebut menjadi keputusan yang tepat; sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Sehingga tidak menjadi beban di masa depan.

Survei harga merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon pembeli. Harga rumah dijual di Jakarta misalnya, tentunya memiliki variasi tergantung lokasi, luas dan besar bangunan, juga spesifikasi lainnya. Maka dari itu diperlukan survei lokasi yang teramat detail untuk masalah harga. Ini bisa mudah dilakukan karena saat ini sudah mudah dijumpai situs Online penjualan rumah seperti www.urbanindo.com. Situs-situs tersebut dapat memberikan gambaran harga rumah di daerah yang Anda inginkan.

Sebaiknya, calon pembeli menyesuaikan kemampuan finansial dengan harga rumah yang ingin dibeli. Kemampuan finansial sendiri harus dipastikan aman dalam jangka panjang. Apakah rumah tersebut besar, kecil, dekat atau jauh dengan berbagai fasilitas, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

Setelah mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial, Anda kemudian baru dapat memulai melakukan survei produk KPR yang ditawarkan banyak bank. Demikian, Anda dapat menyesuaikan kemban[Yan finansial, harga rumah, dan juga benefit yang ditawarkan oleh KPR. Selain itu anda juga bisa mengetahui jumlah dana yang Perlu dipersiapkan untuk fasilitas KPR. Biasanya dana yang perlu dipersiapkan adalah dana uang muka dan cicilan juga bunga.

Ketika memilih produk KPR, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Di antaranya reputasi penyedia KPR, suku bunga yang ditawarkan, berbagai benefit layanan, dan bantuan ketika KPR mulai berjalan. Bantuan yang dimaksud di antaranya apakah nantinya akan ada penalti jika melakukan pelunasan lebih awal, biaya administrasi, dan bantuan lainnya.

Perencanaan dan komitmen tentunya perlu dipersiapkan sebelum mengajukan KPR. Mengingat jangka waktu yang panjang, kesiapan keuangan dan komitmen perlu disiapkan guna memiliki rumah idaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *